Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dengan Bantuan Web Game Wordwall guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 5 Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.12928/citizenship.v8i1.833Keywords:
Discovery Learning, Pendidikan PancasilaAbstract
Pesatnya perkembangan teknologi mempengaruhi hasil belajar siswa Gen Z. Sebagian dari mereka menyalahgunakan teknologi untuk hal lain seperti untuk memainkan game ketika proses pembelajaran, hal tersebut dapat mengakibatkan penurunan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-C SMA Negeri 5 Yogyakarta melalui discovery learning dengan bantuan web game wordwall pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila tahun pelajran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan sdalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X-8 SMA Negeri 1 Sewon yang terdiri dari 36 orang. Pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, penilaian non-tes, dan dokumentasi yang diuraikan melalui penghitungan presentase kenaikan hasil belajar lalu diinterpretasikan dan dibandingkan dengan indikator keberhasilan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa model pembelajran discovery learning dengan bantuan game wordwall mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I diperoleh rata- rata nilai 68,05 sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata nilai 82,5 atau meningkat sebesar 14,45. Dari siklus 1 ke siklus II terjadi kenaikan ketuntasan belajar sebesar 45 %. Hasil penilaian keterampilan menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh nilai kategori sangat baik mengalami peningkatan dari 4 siswa (11,11 %) pada siklus I meningkat menjadi 10 siswa (27,77 %) pada siklus II. Hal ini berarti perlakuan dalam penelitian ini telah berhasil sesuai target yang diharapkan, yaitu minimal 75% siswa memperoleh nilai sama atau diatas KKM (75).
References
Alimuddin, H., Muchsin, S. B., & Kamaruddin, R. (2018). Pentingnya PTK Bagi Guru. Matappa, 1(2), 101– 106. DOI:https://doi.org/DOI:10.31100/matappa.v1i2.231
Ghafara, S. T., Jalinus, N., Ambiyar, A., Waskito, W., & Rizal, F. (2023). Pembelajaran Menggunakan TIK dapat Meningkatkan Literasi Peserta Didik Generasi Z Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer), 22(2), 241-251.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182. DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.352.10
Ismail, M., Zubair, M., & Basariah, B. (2024). Kemampuan Guru PPKn dalam Internalisasi TPACK pada Pembelajaran di kelas. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 839-846. DOI: 10.29303/jipp.v9i2.2205
Malewa, E. S., & Al Amin, M. (2023). Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Materi Zakat di UPTD SD Negeri 65 Barru. EDUCANDUM, 9(1), 22-30.
Melda, T. (2023). PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN FAKTOR MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN FITUR MOBILE BANKING CARDLESS WITHDRAWAL (TARIK TUNAI TANPA KARTU) PADA GENERASI Z (Studi Pada Mahasiswa di Bandar Lampung) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).
Nawawi, M. I. (2020). Pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar: tinjauan berdasarkan karakter generasi z. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E Saintika, 4(2), 197-210. DOI: https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.216
Puspitarini, D. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar PPKn Melalui Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Wordwall Games. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 388-396. DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.485
Rahayu, S., SD, S. P., & Vidya, A. (2022). Desain pembelajaran aktif (active learning). Ananta Vidya.
Telaumbanua, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII SMP Negeri 1 Idanotae TP 2022/2023. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 73-82.