Pengaruh Interaksi Teman Sebaya Terhadap Tindakan Moral Pada Peserta Didik di SMP Negeri 1 Belitang
DOI:
https://doi.org/10.12928/citizenship.v8i1.733Keywords:
Teman Sebaya, Moral, Tindakan MoralAbstract
Tujuan penelitian adalah mencari pengaruh interaksi teman sebaya terhadap tindakan moral pada peserta didik di SMP Negeri 1 Belitang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan teknik random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yakni menggunakan uji analisis regresi linear sederhana. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 1 Belitang tahun ajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 91 responden. Berdasarkan uji analisis, ditemukan adanya pengaruh antara teman sebaya (variabel X) terhadap tindakan moral (variabel Y) di SMP Negeri 1 Belitang dengan hasil persentase sebesar 33,2% dan 66,8% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar interaksi dengan teman sebaya. Interaksi antar teman sebaya memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap tindakan moral peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik banyak menghabiskan waktunya dengan teman sebaya, secara tidak sadar dapat mempengaruhi seseorang dalam bersikap, bertindak, dan berperilaku. Peserta didik akan mengusahakan segala cara supaya dapat diterima oleh kelompoknya. Interaksi teman sebaya memberikan pengaruh yang cukup besar dalam pergaulan. Baiknya interaksi teman sebaya dalam pergaulan akan berdampak baik pada tindakan moral peserta didik dan akan mengarah pada pembentukan karakter yang baik
References
Hurlock, Elizabeth B. (2006). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, edisi kelima. Jakarta: Erlangga.
Fahri, L. M., & Qusyairi, L. A. H. (2019). Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran. Palapa, 7(1), 149–166.
Handriyanto, Adha, M, M., & Mentari, A. (2022). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Moralitas Peserta Didik. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2), 59–67.
Jamal, N. (2016). Pengajian dan Dekadensi Moral Remaja. Kalibah, 1(1), 191– 218.
Karima, R., Geby, L., Octavia, V., & Fahmi, K. (2023). Lunturnya Moralitas Pelajar Indonesia?. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 01(02), 17–20.
Kartono, K. (2013). Patologi Sosial 2, Kenakalan Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Khoirun Nida, F. L. (2013). Intervensi Teori Perkembangan Moral Lawrence Kohlberg dalam Dinamika Pendidikan Karakter. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 271–290.
Kurniawan, Y., & Sudrajat, A. (2018). Peran Teman Sebaya dalam Pembentukan Karakter Siswa Madrasah Tsanawiyah. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 149–163.
Lickona, T. (2013). Educating for Character in the Sexual Domain. Peabody Journal of Education, 88(2), 198–211.
Lickona, T. (2013). Mendidik untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab. Jakarta: Bumi Aksara.
Monk’s, F.J. (2002). Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Cet.14. Yogyakarta: Gajah Mada University.
Nasution, N. C. (2018). Dukungan Teman Sebaya dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Al-Hikmah, 12(2), 159–174.
Nurhuda, H. (2022). Masalah-Masalah Pendidikan Nasional; Faktor-Faktor Dan Solusi yang Ditawarkan. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar, 5(2), 129.
Rosida, E. R., & Astuti, T. P. (2015). Perbedaan Penerimaan Teman Sebaya Ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Jurnal Empati, 4(2), 77–81.
Saputra, R. A. D. (2021). Interaksi Sosial Pada Remaja Kecanduan Game Online di Desa Singosaren. ROSYADA: Islamic Guidance and Counseling, 2(2), 113–120.
Santrock, J. W. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja. Alih Bahasa: Shinto, B. A. Jakarta: Erlangga.
Sulfemi, W. B., & Yasita, O. (2020). Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Perilaku Bullying. Jurnal Pendidikan, 21(2), 133–147.
Suriani, E. (2016). Konsep Pendidikan Karakter dan Moral dalam Islam. El-Tsaqafah, 26(2).
Tianingrum, N. A., & Nurjanah, U. (2019). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perilaku Kenakalan Remaja Sekolah di Samarinda. Jurnal Dunia Kesmas, 8, 219–225.
Yulianti, M., Yanzi, H., & Nurmalisa, Y. (2016). Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Terbentuknya Kelompok Pergaulan di SMK Nusantara Lampung Utara. Jurnal Kultur Demokrasi, 4(3).