Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas XI SMA Negeri 4 Mataram Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn)
DOI:
https://doi.org/10.12928/citizenship.v8i2.1361Keywords:
Problem Based Learning,, Hasil Belajar, Mata Pelajaran PPknAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SMA negeri 4 Mataram dan Untuk mengetahui apakah ada pengaruh Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Di Kelas XI SMA Negeri 4 Mataram. Subjek penelitian ini terdiri dari 70 peserta didik, 35 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan 35 peserta didik sebagai kelas kontrol Penelitian ini terdiri dari beberapa tahap yaitu perancangan, pelaksanaan, observasi dan tes hasil belajar (evaluasi). Untuk mengetahui tes hasil belajar peserta didik kelas XI Ilmu social 1 sebagai kelas Eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan untuk kelas XI Ilmu Sosial 2 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Pada proses pembelajaran hasil peneliti mengungkapkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Skor rata-rata yaitu 82,66 serta 31,5% peserta didik telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal 75. Model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dapat juga diketahui dari selisih nilai rata-rata melalui Uji T kelas eksperimen yaitu 0,70 dan kelas kontrol yaitu sebesar 0,46. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa penguasaan peserta didik pada mata pelajaran PPKn meningkat dari kategori rendah menjadi tinggi disamping itu peserta didik juga lebih disiplin aktif dan bertanggung jawab dalam mengikuti kegiaan pembelajaran.
References
Agus Eko Sujianto & Mashudi. (2015). Membangun Daya Saing Bangsa Berbasis Sektoral Tanpa Korupsi. STIEPARI Press.
Amelia, D. A. M. dan R. (2024). Meningkatkan Aktivitas, Kreativitas, Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Materi Menjelajah Angkasa Luar Menggunakan Model Panting Pada Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 02(01), 1–20.
Anugrah, A., & Rahmat, R. (2024). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 22–34. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.403
Ardi Afriansyah, & Alda Nur Salsadila. (2025). Optimalisasi Penggunaan ChatGPT Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Untuk Meningkatkan Pemahaman Nilai-Nilai Kebangsaan Di Era Digital. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 22–33. https://doi.org/10.12928/citizenship.v8i1.1238
Arifin, A., Nurhasanah, E., & Jamaah, J. (2024). Analisis Peran Guru dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Evaluasi Dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar, 1(2), 51–56. https://doi.org/10.54371/jekas.v1i2.427
Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569
Bramantiya, A. W., & Nurhadi, D. (2024). Eksplorasi Daya Saing Lulusan SMK Kompetensi Keahlian Teknik Pengelasan Kelas Industri PT . INKA Melalui Sertifikasi Welder ( Studi Kasus di SMK Negeri 1 Bendo ). 13(3), 4193–4202.
Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Jurnal PBL (jurnal 1). Widya ACCARYA: Jurnal Kajian Pendidikan FKIP Universitas Dwijendra, Vol 12 N0(1), 61–69.
Dewantara, H. (2024). Membangun Masa Depan Pendidikan: Inovasi dan Tantangan dalam Sertifikasi Guru di Indonesia. PT Indonesia Delapan Kreasi Nusa.
Dewi, E. R., & Widyartono, D. (2024). Peranan Guru Bahasa Indonesia dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Lingkungan Sekolah. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(9), 987–994. https://doi.org/10.17977/um064v4i92024p987-994
Dhea Ayu Alifvia, Muhammad Arief Budiman, Muhammad Arief Budiman, & Choirul Huda. (2024). Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Leraning) Berbantu Media Flashcard Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VI SD Kusuma Bhakti. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 182–195. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3164
Fajriati, A., Wisroni, W., & Handrianto, C. (2024). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (Ai) Dalam Pembelajaran Berbasis Peserta Didik Di Era Digital. WAHANA PEDAGOGIKA, 6(2), 71–85.
Fatrah, Liana, R., & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2024). Integrasi Literasi Dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum PAI Di SMK Negeri 1 Sangatta Utara. JURNAL ILMU PENDIDIKAN & SOSIAL (SINOVA), 2(2), 139–154. https://doi.org/10.71382/sinova.v2i2.143
Gulo, E. (2021). Inovasi IPTEK dan Mutu Pendidikan dan Berintegritas. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 7(2), 523–546.
Halimah, S., Usman, H., & Maryam, S. (2023). Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Sekolah Dasar. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(6), 403–413. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i6.207
Haryono, O., Firmansyah, Y., & Repelita, T. (2024). Peran PPKn sebagai pendidikan Multikultur dalam Meningkatkan Toleransi Siswa. Journal of Education Research, 5(2), 2138–2144. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1095
Heriyono, H. (2024). Internalisasi Prinsip Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SMA. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 3(1), 36–45. https://doi.org/10.59373/academicus.v3i1.49
HIDAYATI, A. U., MAULIDIN, S., & KHOLIFAH, S. (2025). Implementasi Problem-Based Learning (Pbl) Pada Proses Pembelajaran PAI: Studi Di SMK Pelita Bangun Rejo. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 4(2), 53–62. https://doi.org/10.51878/action.v4i2.4144
Istianah, A., Darmawan, C., Sundawa, D., & Fitriasari, S. (2024). Peran Pendidikan Kebinekaan dalam Pendidikan Kewarganegaraan untuk Menciptakan Lingkungan Sekolah yang Damai. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 9(1), 15–29. https://doi.org/10.21067/jmk.v9i1.10192
Jenita, Anugerah Tatema Harefa, Ela Pebriani, Hanafiah, Bernardus Agus Rukiyanto, F. S. (2023). Pemanfaatan Teknologi Dalam Menunjang Pembelajaran: Pelatihan Interaktif Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Community …, 4(6), 13121–13129. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/23614%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/download/23614/16628
Lolita Anna Risandy, Septiana Sholikhah, Putri Zudhah Ferryka, & Anggi Firnanda Putri. (2023). Penerapan Model Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 1(4), 95–105. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v1i4.379
Margayanti, F., Jelahu, T. T., & Haryono, M. (2024). Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Dalam Metode Project-Based Learning (PBL) melalui Media Komik Digital pada Materi Konsekuensi Pewartaan Yesus Fase D Kelas VIII SMP Negeri 1 Siding. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Agama, 5(2), 886–903.
Mazid, S., & Istianah, A. (2023). Pendidikan Kewarganegaraan: Membangun Sekolah Damai Untuk Wujudkan Lingkungan Masyarakat Aman dan Sejahtera. Al-I’timad: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat Islam, 1(2), 181–198. https://doi.org/10.35878/alitimad.v1i2.907
Nazila Nasywa Maulida, M. Ikhsan, & Muhammad Yasin. (2024). Hubungan Pendidikan dan Ekonomi dalam Investasi. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(3), 304–313. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v3i3.3854
Pianda, D. (2018). Kinerja guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. Jejak Publisher.
Pujisusanti, R. (2024). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Membangun Sekolah Damai. Pelita : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 24(1), 36–47. https://doi.org/10.33592/pelita.v23i2.4886
Putra, J. E., Sobandi, A., & Aisah, A. (2024). The urgency of digital technology in education: a systematic literature review. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 224. https://doi.org/10.29210/1202423960
Shofia Rohmah, N. N., Markhamah, Sabar Narimo, & Choiriyah Widyasari. (2023). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebhinekaan Global Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254–1269. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6124
Sugiyono. (2010). "Memahami penelitian kualitatif” (p. 137). Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Agromedia Pustaka.
Sukriyatun, G., Mujahidin, E., & Tanjung, H. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Inovasi Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Islam, 12, 9–10. https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.3935
Suyatna, H., & Nurhasanah, Y. (2018). Sociopreneurship Sebagai Tren Karir Anak Muda. Jurnal Studi Pemuda, 6(1), 527. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.38011
Telaumbanua, F., & Ndraha, A. B. (2023). Strategi Pemerintah Daerah Dalam Penanggulangan Kemiskinan Pasca Pandemi Covid-19 Perspektif Ekologi Manajemen Di Kabupaten Nias. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 10(2), 1631–1644. https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i2.51798
Yunita Eka Lestari, Lusy Tunik Muharlisiani, & Mei Puspita Dewi. (2024). Penerapan Model Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Materi Perkembangbiakan Tumbuhan Kelas IV. Edutama : Jurnal Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 232–245. https://doi.org/10.69533/8d5cwe67
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 isnaini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.