Optimalisasi Penggunaan ChatGPT Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Untuk Meningkatkan Pemahaman Nilai-Nilai Kebangsaan Di Era Digital

Authors

  • Ardi Afriansyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Alda Nur Salsadila Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

DOI:

https://doi.org/10.12928/citizenship.v8i1.1238

Keywords:

ChatGPT, Kebangsaan, Pancasila

Abstract

Pancasila sebagai dasar negara Indonesia menghadapi tantangan serius di kalangan generasi muda di era digital, seperti meningkatnya penyebaran hoaks, disinformasi, dan radikalisme melalui media sosial. Permasalahan ini diperburuk oleh minimnya minat pelajar dalam mempelajari Pancasila dan relevansi metode pembelajaran yang belum mampu menjawab kebutuhan zaman. Untuk mengatasi tantangan ini, integrasi teknologi modern menjadi langkah strategis. Salah satu solusi potensial adalah pemanfaatan kecerdasan buatan, khususnya ChatGPT, yang dapat memberikan penjelasan interaktif, merangsang diskusi, dan memperkaya perspektif siswa mengenai nilai-nilai kebangsaan. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur untuk menganalisis dampak penggunaan teknologi dalam pendidikan Pancasila. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ChatGPT dapat meningkatkan keterlibatan siswa melalui pendekatan interaktif, (2) memperkaya pengalaman belajar dengan materi yang kontekstual, serta (3) membantu siswa memahami hubungan nilai-nilai Pancasila dengan tantangan global di era digital. Teknologi ini terbukti dapat menjadi alat bantu efektif dalam pembelajaran Pancasila yang relevan dan aplikatif

References

Amalia, A., Fahmy, A. F. R., Sari, N. H. M., Nugroho, D. A., Prabowo, D. S., Pujiono, I. P., ... & Syukron, A. A. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence (AI) di Sekolah. Penerbit NEM.

Abdillah, & Rahmat Hidayat. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.

Badan Pusat Statistik. (2023). Survei Minat Belajar Pendidikan Pancasila di Kalangan Pelajar Indonesia. Jakarta: BPS.

Dewantara, K. H. (1961). Karya Ki Hajar Dewantara Bab I: Pendidikan. Majelis Luhur Taman Siswa.

Dewey, J. (1916). Democracy and Education. New York: Macmillan.

Firdaus, M. R., Irawan, R. R., Mahardika, C. H. Y., & Gaol, P. L. (2023). Tantangan Teknologi Artificial Intelligence Pada Kegiatan Pembelajaran Mahasiswa. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 1(9), 71-80.

Geertz, C. (1973). The Interpretation of Cultures. New York: Basic Books Inc.

Hasan, M. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group: Klaten.

OpenAI. (2024). The Role of Artificial Intelligence in Education. San Francisco: OpenAI Press.

Paul, R. W., & Elder, L. (2006). Critical Thinking: The Nature of Critical and Creative Thought. Journal of Developmental Education, 30(2), 34–35.

Pratama, A. (2022). OOP PHP Uncover Panduan Belajar Pemrograman Object PHP. Padang Panjang: DuniaIlkom.

Putri, R. C. A., & Junaedi, F. (2022). Analysis of the Objectivity of Mass Media during the COVID-19 Pandemic in Indonesia. Human Interaction & Emerging Technologies (IHIET 2022): Artificial Intelligence & Future Applications, 68(68).

Ruwaidah, A. I. S., Salsabil, A. M., Safitri, A., Hanapiah, F. N., Khotimah, H. H., Aulia, N. F., ... & Furnamasari, Y. F. (2024). Peran Pendidikan Pancasila dalam Membentuk Generasi Muda yang Berkarakter dan Berwawasan Kebangsaan. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 2696-2704.

Sani, R. A. (2022). Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan: Peluang dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Digital, 10(2), 123-135.

Said, S. (2023). Peran Teknologi Digital sebagai Media Pembelajaran di Era Abad 21. Jurnal PenKoMi: Kajian Pendidikan Dan Ekonomi, 6(2), 194-202.

Selwyn, N. (2016). Education and Technology: Key Issues and Debates. Bloomsbury Publishing.

Suryana, M. (2023). Inovasi Teknologi untuk Pembelajaran Digital di Era Modern. Yogyakarta: Penerbit Inovasi.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge: Harvard University Press.

Zhang, Y., et al. (2020). The Impact of Artificial Intelligence and Blockchain on the Accounting Profession. IEEE Access, 8, 110461-110477

Published

2025-01-31

Issue

Section

Articles