Dampak Penguatan Profil Pelajar Pancasila Terhadap Karakter Kebhinnekaan Gobal Siswa di SMA Negeri 1 Pajangan
DOI:
https://doi.org/10.12928/citizenship.v8i1.1206Keywords:
Profil Pelajar Pancasila, Karakter , Kebhinnekaan GlobalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap karakter berkebhinnekaan global siswa di SMA Negeri 1 Pajangan. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan triangulasi data. Penelitian ini terdapat tujuh narasumber, yang terdiri dari satu wakil kepala bidang kurikulum, satu guru pengampu proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila, dan lima orang siswa yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pajangan.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang dampak proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap karakter siswa di SMA Negeri 1 Pajangan dapat disimpulkan bahwa: (1) Meningkatkan pemahaman multikulturalisme sebagai wujud berkebhinnekaan global; (2) Siswa memahami berbagai kebudayaan dari daerah lain; (3) Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran dengan tema berkebhinekaan global; (4) Meningkatkan keterampilan siswa dalam membuat media dengan tema berkhebinnekaan global; (5) Meningkatkan nilai sosial dalam keberagaman di kelas; (6) Perubahan karakter siswa dengan memahami keberagaman.
References
Abdurrahmat. 2006. Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.
Alaslan, A. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Depok: Rajagrafindo Persada.
Aprianti Jusmawanti, dkk. 2023. “Profil Pelajar Pancasila Berbasis Kurikulum Merdeka Untuk Membentuk Karakter Gotong Royong Peserta Didik”. Jurnal Ilmiah Profesi pendidikan, 8(4): 2566-2572.
Arifudin. 2022. “Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik”. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5 (3): 829-837.
Ashabul Kahfi. 2022. “Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah”. Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar, 5(2): 138-151.
Budiharjo. 2015. Pendidikan Karakter Bangsa (Membangun Karakter Bangsa). Yogyakarta: Samudra Biru.
Deni, N. W. & Achmad, M. 2023. “Pengutan Dimensi Berkebhinnekaan Global Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan”. Educatio: Jurnal Ilmu Pendidikan 18 (1): 172-184.
Dewi, Indah, F. Edi, A. & Gugum, G. “Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMA Negeri Karangtunggal”. Jurnal Sains Student Research, 2(4): 959-965.
Hamzah, M. R. Mujiwati, Y. & Khamidi, I. M. 2022. “Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik”. Jurnal Jendela Pendidikan, 2 (4): 553-559.
Imam, S. & Tobrani. 2001. Metodologi Penelitian Sosial Agama. Bandung: Remaja Roskadarya.
Irawati, D. Iqbal, A. M. Hasanah, A. & Arifin, B. S. 2022. “Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa”. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6 (1): 1224-1238.
Ismail, S. 2020. “Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah”. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2 (1): 76-84.
Kemendikbud Ristek. 2021. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Kemendikbudristek. 2021. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Kemendikbudristek. 2022. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Komang Nugraha. 2022. “Pembelajaran Bahasa Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila”. Jurnal Bahasa Indonesia, 2(2): 130-134.
Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian: Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muchlas, S. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rodakarya.
Mustari, Sukmawati, & Mustaring. 2023. “Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembinaan Karakter di Sekolah”. Supremasi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum & Pengajarannya, 28(1): 179-192.
Nurgiansah, T. H. “Pendidikan Pancasila sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius”. Jurnal Basicedu, 6 (4): 7310-7316.
Nurmila Hidayana. 2024. “Implementasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila di SMAN 2 Mwdan”. Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya (MORFOLOGI), 2(2): 236-246.
Nurul, I. Didin, W. & Tutik, Y. 2024. “Perwujudan Pancasila dalam Enam Dimensi Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Menengah Pertama”. Journal of Language, Literature, and Arts, 4(10): 1084-1090.
Rachmawati, N. Marini, A. Nafiah, M. & Nurasiah, I. 2022. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu, 6 (3): 3613-3625.
Raharjo, R. 2020. “Analisis Perkembangan Kurikulum Ppkn: Dari Renjtjana Pelajaran 1947 Sampai dengan Merdeka Belajar 2020”. Pkn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15 (1): 63-82.
Rini Susdamayanti. 2024. “Penggunaan Media Aprori Berbasis Diferensiasi Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kebhinnekaan Global Siswa”. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 8(1): 87-110.
Safitri, A. Wulandari, D. & Herlambang, Y. T. 2022. “Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia”. Jurnal Basicedu, 6 (4): 7076-7086.
Santoso, G. Siti, K. Munawar, & Sutini. 2023. “Kebermaknaan (P5) Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Dimensi Kebhinnekaan Global”. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 2(2): 127-140.
Sherly Sidabutar, dkk. 2021. “Sosialisasi Implementasi Program Profil Pelajar Pancasila di SMP Swasta Sultan Agung Pematangsiantar”. Jubaedah: Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah, 1(3): 282-289.
Shofia Rohmah, Markhamah, & Choiriyah. 2023. “Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebhinnekaan Glonal”. Jurnal Elementaria Edukasia, 5 (3): 1254-1269.
Sofyan, T. 2015. Pendidikan Karakter Peluang dalam Membangun Karakter Bangsa. Jember: IAIN Jember Press.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.
Suryana, C. & Iskandar, S. 2022. “Kepemimpiman Kepala Sekolah dalam Menerapkan Konsep Merdeka Belajar di Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu, 6(4): 7317-7326.
Susilawati, E. & Sarifuddin, S. 2021. “Internalisasi Nilai Pancasila dalam Pembelajran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Paltform Merdeka Mengajar”. Jurnal Teknodik, 25(2): 161-169.
Susilawati, E. Sarifudin, S. & Muslim, S. 2021. “Internalisasi Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila”. Jurnal Teknodik, 2(1): 155-167.